REKAPITULASI SUARA PILPRES/PILEG DI DESA KARANGDORO

  18 April 2019  |  DESA KARANGDORO

Pemilu 2019 yang digelar serentak Pileg dan Pilpres membuat penghitungan suara akan lebih lama dari Pemilu 2014. Rekapitulasi suara akan menerapkan cara yang sama seperti Pileg atau Pilpres 2019, yaitu manual dan berjenjang sesuai UU Pemilu, bukan dengan sistem elektronik.

Setelah pemungutan suara berakhir pada pukul 13.00 waktu setempat, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) langsung menghitung perolehan suara secara terbuka di hadapan saksi, pengawas TPS, pemantau pemilu, dan masyarakat yang hadir.

Urutan penghitungan 5 surat suara adalah capres-cawapres. caleg DPD RI, caleg DPR RI, caleg DPRD Provinsi, dan caleg DPRD Kabupaten/Kota.

Hasil penghitungan tersebut dituangkan dalam berita acara pemungutan dan penghitungan suara ke dalam sertifikat hasil penghitungan suara pemilu (C1).

KPPS wajib menyerahkan kotak suara tersegel yang berisi surat suara, berita acara pemungutan suara, serta sertifikat hasil perhitungan perolehan suara (logistik pemilu) kepada PPS (Panitia Pemungutan Suara) atau KPU tingkat desa/kelurahan.

PPS lalu membuat berita acara penerimaan kotak hasil penghitungan perolehan suara dari KPPS. Berita acara dan kotak suara tersebut lalu diteruskan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di hari yang sama atau karena kendala tertentu, maksimal 3 hari setelah penghitungan perolehan suara.

Contact Details

  Alamat :   Jln.Genteng 05 Karangdoro - Tegalsari
  Email : kantordesakarangdoro02@gmail.com
  Telp. : (0333) 844030
  Instagram :
  Facebook : https://www.facebook.com/pemdes.karangdoro.9
  Twitter : @desakarangdoro


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi