KUNJUNGAN TIM DEPUTI 2 KANTOR STAF PRESIDEN RI DI DESA KARANGDORO DALAM MENINDAK LANJUTI PROGRAM TORA

  24 Agustus 2021  |  DESA KARANGDORO

Program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) adalah satu dari tiga program unggulan Presiden Joko Widodo.Melalui RPJM 2015-2019, Presiden Jokowi ingin mempercepat proses redistribusi tanah itu, antara lain, lewat Program Tora. Kebijakan tersebut menjadi harapan bagi masyarakat yang sudah tinggal di kawasan hutan sejak tahun 1943. Inilah harapan warga masyarakat yang saat ini masih mendiami tanah berstatus kawasan hutan seperti yang ada dibeberapa wilayah di Kabupaten Banyuwangi. Seperti halnya warga Dusun Sumberagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi. Dengan dibantu dan difasilitasi Yayasan GEMA PS (Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial) Indonesia , mereka berbondong-bondong mengajukan permohonan agar legalitas tanahnya bisa diikutkan dalam Program TORA. 

Tim Kantor Staf Presiden (KSP) melakukan peninjauan lapangan dalam rangka penyelesaian konflik tenurial permukiman di dalam kawasan hutan, di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Kab Banyuwangi. Lokasi permukiman ini diusulkan Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial Indonesia, Tim KSP yang dipimpin Usep Setiawan menyampaikan bahwa Karangdoro merupakan satu dari 78 lokasi prioritas penyelesaian konflik tenurial permukiman dalam kawasan hutan, atau total 137 konflik agraria yang dilaporkan 4 CSo diantaranya Gema Perhutanan Sosial, halmana diupayakan dimulai langkah penyelesaiannya pada tahun 2021. Percepatan penyelesaian ini adalah salah satu kebijakan penyelesaian konflik agraria oleh Presiden Joko Widodo. 

Ketua Gema PS Banyuwangi, Mahsun, juga menuturkan bahwa team Gema turun lapangan untuk mengumpulkan data dan sosialisasi kepada perangkat desa beserta warga dimulai bulan Januari 2021. Melihat antusiasme dan harapan warga yang begitu tinggi kami merasa terpanggil dan terus berupaya ikut membantu menyelesaikan administrasi yang diperlukan hingga akhirnya apa yg menjadi harapan besar kami dan warga mulai terwujud hari ini.

Contact Details

  Alamat :   Jln.Genteng 05 Karangdoro - Tegalsari
  Email : kantordesakarangdoro02@gmail.com
  Telp. : 082 337 488 367
  Instagram :
  Facebook : https://www.facebook.com/karangdoro02
  Twitter : @desakarangdoro


© 2021,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi