KTP-EL YG SUDAH JADI LANGSUNG DIANTAR KE RUMAH WARGA

  20 Oktober 2017  |  DESA KARANGDORO

Pemerintahan Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari mulai mengantarkan kartu tanda penduduk elektronik ke rumah warga (pemohon) sebagai wujud memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Distribusi langsung ke rumah warga ini untuk mempermudah warga dalam pengurusan KTP elektronik yang prosesnya cukup lama karena permasalahan teknis blanko dari pemerintah pusat.Sejak sepekan terakhir, sebagian masyarakat sudah menerima KTP elektronik yang diantar langsung ke rumahnya.

KTP elektronik saat ini prosesnya terus disempurnakan oleh pemerintah pusat. Indonesia tercatat baru pertama kali merintis model administrasi kependudukan berupa KTP elektronik tersebut, di mana semua data dikonsolidasikan di Jakarta.

Ini berbeda dengan dulu, di mana KTP cukup diproses di daerah, sehingga relatif lebih cepat. Tapi bagaimana pun juga KTP elektronik ini sangat penting. Tantangan teknisnya memang tidak mudah, tapi akan sangat berguna karena semua data penduduk se-Indonesia terekam dengan baik.

Banyuwangi pada Mei lalu telah menerima 40.000 blanko KTP elektronik dari pemerintah pusat. Tapi jumlah itu belum mencukupi, karena pemohon sudah mencapai 76.000 orang. Itu pun belum termasuk penduduk yang melakukan perubahan data di KTP elektronik.

"Maka sesuai arahan dari Pak Menteri Dalam Negeri, blanko yang sudah datang dari pusat ini diprioritaskan bagi pemohon pemula. Jadi memang belum semua warga yang menunggu jadinya KTP elektronik ini bisa terlayani. Semoga bisa segera beres, dan tidak lama lagi Banyuwangi bisa dapat blanko dalam jumlah yang lebih besar," ujar Bpk.Bupati Banyuwangi.

Dia menambahkan, untuk warga yang belum mendapatkan KTP elektronik bisa mendapat surat keterangan (surket) pengganti KTP elektronik yang fungsinya sama seperti KTP elektronik. Pengurusan surket ini sekarang bisa di kantor Desa.

 

 
 

Contact Details

  Alamat :   Jln.Genteng 05 Karangdoro - Tegalsari
  Email : kantordesakarangdoro02@gmail.com
  Telp. : (0333) 844030
  Instagram :
  Facebook : https://www.facebook.com/pemdes.karangdoro.9
  Twitter : @desakarangdoro


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi