IPPNU KARANGDORO GALAKKAN LITERASI ANAK

  29 Maret 2017  |  DESA KARANGDORO

Langkah yang dilakukan rekanita IPPNU Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi ini patut diapresiasi. Di tengah maraknya kegadrungan anak-anak terhadap dunia digital, mereka memelopori gerakan gemar baca kepada anak anak.
Kegiatan ini diselenggarakan di arena pasar pondok yang berlokasi di sebelah selatan Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari, Ahad (21/2).
Ide penyelenggaraan acara ini bermula dari studi kasus ABG yang dilakukan Ketua IPPNU Karangdoro Dhika NA. Pihaknya mengamati fenomena di sekitar pesantren saat ini banyak anak-anak yang memiliki kecanduan terhadap internet dan game digital. Bahkan tingkat kecanduan yang muncul sudah cukup parah.
“ Dari studi kasus kami, diketahui banyak anak-anak yang terlalu keranjingan PS, kita ingin memberi perimbangan,” ucapnya.
Dia menuturkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menargetkan tiga lokasi sebagai lahan kegiatan pengenalan minat baca kepada anak. Salah satu bentuk nyata dari ide ini telah dilangsungkan pada Ahad (21/2) pagi dengan melibatkan anak-anak yang tinggal di sekitar pasar.
Kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali. Pihaknya telah merencanakan kegiatan serupa di sejumlah titik di desa. “Rencana tiga tempat di desa ini akan kita kunjungi. Akan kita lakukan kegiatan serupa,” terangnya.
Ke depan, isi materi yang diajarkan akan lebih bervariatif termasuk pendidikan seks. Hal ini penting agar anak bisa paham tentang pentingnya menjaga kebersihan organ vitalnya. “Minimal kalau pipis memiliki kesadaran dibersihkan,” terangnya.
Kegiatan ini mendapat dukungan dari komunitas literasi Yuk Baca yang bermarkas di timur Pesantren Darussalam. Kegiatan sosial ini melibatkan pemuda yang diwadahi dalam Persatuan Pemuda Sekitar Pondok. Tanggapan positif tampak terlihat dari banyaknya anak yang bergabung dan juga beberapa orang tua yang menyimak jalannya acara.
Beberapa sesi yang dilakukan seperti telling story, origami dan juga permaianan diikuti peserta dengan ceria. Munfarida, salah satu warga sekitar lokasi menuturkan acara yang digelar IPPNU bersama komunitas ini cukup baik bagi perkembangan anak. “Saya setuju dan cukup baik. Perlu didukung,” ucapnya di sela acara. (Anang Lukman Afandi/Alhafiz K)

Contact Details

  Alamat :   Jln.Genteng 05 Karangdoro - Tegalsari
  Email : kantordesakarangdoro02@gmail.com
  Telp. : (0333) 844030
  Instagram :
  Facebook : https://www.facebook.com/pemdes.karangdoro.9
  Twitter : @desakarangdoro


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi